Kamis, 03 Februari 2011
Telekomunikasi Rajai Belanja Iklan 2010
JAKARTA--MICOM: Perusahaan-perusahaan telekomunikasi tetap tercatat sebagai para pembelanja terbesar dalam belanja iklan pada 2010. Hal itu berdasarkan survei-survei The Nielsen Company yang dirilis di The Nielsen Company, Jakarta Selatan (Jaksel), pada Selasa (1/2) siang.
Menurut Managing Director Nielsen Audience Measurement Irawati Pratignyo, belanja iklan telekomunikasi pada 2010 mencapai Rp5,55 triliun, naik 43 persen.
Irawati mengatakan belanja telekomunikasi tetap yang tertinggi pada 2010. "Tujuh dari sepuluh pengiklan terbanyak di semua media adalah penyedia telekomunikasi. Excelcomindo XL (sekarang XL Axiata) memimpin dengan Rp593 miliar, naik 66%."
Sedangkan, di peringkat kedua, ada Telkomsel-All SIM card dengan Rp538 miliar, naik 79%. Di peringkat ketiga, ada Telkomsel Simpati dengan Rp438 miliar yang naik 198%. Di peringkat keempat, ada Telkomsel Kartu As dengan Rp398 miliar, mengalami kenaikan 125%.
Di peringkat kelima, ada Axis dengan Rp396 miliar, naik 6%. Di peringkat keenam, ada Indosat IM3 dengan 320 miliar, kenaikan sebesar 13%. Jadi, enam besar para pembelanja iklan ditempati perusahaan-perusahaan telekomunikasi.
Di peringkat ketujuh, ada kandidat-kandidat pemimpin pemerintah lokal seperti gubernur, wali kota, bupati, camat, dan lain-lain dengan Rp309 miliar, naik 673%. Baru di peringkat kedelapan, ada perusahaan telekomunikasi lagi, yaitu Esia, dengan Rp296 miliar, naik 24%. (*/OL-11)
I LOVE YOU 13.29